Tips Cara Agar Cepat Belajar Pemrograman

Cara cepat, cara praktis, tips hebat, tips praktis dan segudang propaganda lainnya hanyalah konsep bisnis semata. Bagi saya itu hanyalah segelintir pemahaman seorang penulis tentang suatu masalah. Perlu anda ketahui, bahwa belajar “pemerograman” (bahasa apapun) adalah mempelajari konsep logika. Jadi, inti dari pemerograman adalah ketepatan menempatkan logika anda. Sedangkan struktur perintah, tata letak perintah, rumus perintah atau cara menulis perintah adalah konsep dasar-nya. Dan tentu saja anda tidak boleh (bahkan dilarang) untuk meninggalkan konsep dasar ini. Karena akibatnya anda akan kehilangan “rasa” dari bahasa program. Ketepatan menempatkan logika tersebut tidak “melulu” bersumber dari contoh. Banyak diantaranya yang menuntut anda untuk berimajinasi. Seperti halnya program-program editor design (photoshop, corel draw dll). Program-program tersebut tidak akan membawa anda menjadi desainer handal jika anda tidak mau belajar berimajinasi. Nah, barangkali cerita ini akan menjadi salah satu solusi bagi anda untuk dapat mempelajari dengan cermat.

Pahami hal-hal dasar
Hal-hal dasar ini lebih ditekankan pada prosedur penempatan perintah, ketepatan menulis rumus, dll.
Contoh :
PHP akan dimulai dengan tag .
Function dalam PHP mempunyai konstruksi sebagai berikut :
function nama_fungsi ()
{
//Statement
}
Dan begitu seterusnya. Intinya, adalah sangat penting mempelajari struktur dasar suatu bidang ilmu. Karena dari situlah ide-ide tentang hal yang lebih tinggi akan timbul.

Mulailah dengan sebuah project
Bayangkan sebuah project. Kemudian pilah-pilah apa saja yang harus anda tekankan dalam project tersebut. Misalnya : menampilkan headline berita, menampilkan gambar dll. Dan pastikan, setiap ruang dari yang anda pilah-pilah tersebut dapat terselesaikan dengan baik (minimal menurut anda sendiri). Untuk sementara, lupakan tentang konsep security, interface, hacking dan lain sebagainya, yang pada intinya anda belum saatnya memulai pelajaran itu.

Habiskan Logika anda pada suatu prosedur
Seorang programmer handal akan menelusuri semua hal yang berada dalam satu hal. Contoh : Anda membuat suatu formulir yang berisi “Nama” dan “Alamat”. Kemudian Formulir tersebut akan dieksekusi (“action”) oleh suatu file, misalnya “proses.php” atau boleh juga oleh file itu sendiri (action=’$php_self’). Nah, file yang menjadi pemeroses (proses.php) atau script tertentu dalam file yang sama yang bertugas memeroses ($php_self) harus menghabiskan konsep logika dari dua form tadi (Nama dan Alamat). Misalnya sebagai berikut:

  • Jika kolom Nama dan Alamat tidak kosong.
  • Jika kolom nama diisi lebih dari / kurang dari 10 karakter.
  • Jika kolom alamat diisi lebih dari / kurang dari 20 karakter.
  • Jika kolom Nama / Alamat diisi angka.
  • Jika terdapat nama yang sama di database.
  • Jika karakter yang masuk diisi dengan huruf capital.
  • Jika karakter yang masuk terdiri dari huruf dan angka.
  • Jika karakter yang masuk adalah Karakter Spesial ($ # % dll).
  • Jika karakter yang masuk mengandung spasi.
  • Dan lain sebagainya.

Nah, bisa anda lihat kan ? ternyata cukup banyak variasi logika yang dapat diterapkan dari hanya dua form di atas. Walau begitu, tentu andalah yang harus menentukan logika mana yang terpenting untuk diterapkan. Dan jika semakin banyak logika dalam suatu prosedur, maka akan menjadikan kode anda lebih bernuansa sosial. Itu akan menunjukkan bahwa anda mengerti kebiasaan orang pada umumnya. Karena Programmer handal akan berimajinasi tentang cara user mengakses programnya nanti. Dan kemudian kesimpulan dari imajinasi tersebut akan tertuang dalam kodenya.

3 komentar:

Andi Firmansyah said...

Thanks gan.., :) Jangan Berhenti Berbagi. :D

Fendi Sidin said...

Ma kasih Gan, infonya. Saya semakin termotivasi untuk belajar lebih lanjut mengenai bahasa pemrograman. Lanjutkan.

32nto said...

Saya sangat suka dengan artikel ini,dan saya jadi termotivasi untuk belajar lebih giat....lanjutkan mas jangan berhenti untuk berbagi ilmu.....

Post a Comment

◄ Posting Baru
 

Pengikut

lazada

Copyright © 2013-2014. Abtista Blog's - All Rights Reserved Tamplate Design by Blogger